Seiring dengan perkembangan teknologi, perpustakaan tidak hanya bisa dikunjungi secara fisik dengan mengunjungi gedung perpustakaan yang kemudian meminjam buku secara manual, tapi kini dapat dijelajahi di dunia maya dengan mengunjungi perpustakaan secara online di internet. Begitu juga kita bisa baca buku tanpa harus membeli atau meminjam buku ke perpustakaan, cukup meng klik judul buku (e_book), dalam hitungan menit bisa diperoleh berbagai informasi di penjuru dunia

PRESS RELEASE

Melalui blog ini kami ingin berbagi informasi dan pengetahuan, dengan menyediakan e_book, artikel-artikel, daftar pustaka dari koleksi perpustakaan yang kami kelola. Perpustakaan ini juga menyediakan bahan bacaan untuk masyarakat sekitar dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kreativitas dan minat baca masyarakat. Melalui perpustakaan online ini kami juga berharap partisipasi anda dengan mengirimkan e_book, resensi buku, artikel karya sendiri atau saduran serta membantu pengadaan buku untuk melengkapi koleksi perpustakaan dengan mengikuti program AYO SUMBANG/TITIP BUKU

Selasa, 10 Agustus 2010

12 Resep Mengatasi Konflik

Ada 12 bahan dalam resep ini untuk menyelesaikan konflik dengan sukses, yakni:
1. Saling menghormati – Apabila anda menghormati diri sendiri dan orang lain, anda cenderung menuju pada sebuah pemecahan yang sama-sama menguntungkan.
2. Landasan Umum – Jarang sekali orang tidak setuju terhadap apapun. Carilah titik pertemuan berbagai minat Anda, dan gunakan itu sebagai titik awal.
3. Buat daftar kebutuhan, kerisauan dan keinginan – Bila kedua sisi menunjukkan kerisauan, kebutuhan dan keinginan mereka, jelaslah bahwa beberapa diantaranya punya kesamaan. Gunakan daya empati atau pertanyaan yang teliti untuk memahami kebutuhan orang lain.
4. Definisikan kembali masalah – Bila musyawarah kurang berhasil, cobalah rumuskan lagi masalahnya. Sebuah perspektif yang berbeda seringkali dapat membantu.
5. Fokuskan pada hasil yang diterima semua pihak – Ajukan pertanyaan sederhana: “Apa yang sama-sama kita inginkan?” Pertanyaan itu akan memberi anda seuah tujuan dan kerangka kerja bersama.
6. Buat daftar pilihan dan tetaplah flesibel – Sebagian besar kasus memeiliki lebih dari satu solusi. Waspadalah terhadap berbagai pilihan itu, sebelum anda memulainya.
7. Pertahankanpikiran yang terbuka – Jika anda benar-benar tertarik menelusuri masalah dan menemukan pemecahan kreatif, kemungkinan keberhasilan anda akan meningkat.
8. Tetaplah positif – Kita tahu bahwa perilaku akan mempengaruhi perilaku lain, dan sama seperti penyakit campak, segi-segi negative pun ikut menyebar. Berita baiknya adalah segi positif pun juga ikut terbawa. Bertindaklah bijaksana dan masuk akal, gunakan pernyataan positif seperti “Saya setuju”, kapanpun keadaan memungkinkan.
9. Capailah solusi dengan bekerja sama – Bahasa tubuh dan pengaturan perabotan adalah isyarat halus yang anda minati untuk berinteraksi, dan bukan untuk bermusuhan dengan orang lain. Daripada duduk berhadapan dengan lawan bicara, tempatkan kursi anda disebelahnya.
10. Hilangkan kata “tetapi…” kata-kata tetapi seperti “tetapi dan namun’ segera memberi tanda pada orang lain bahwa anda tidak setuju. Sebaliknya gunakan frasa seperti “ Saya menerima pendpaat saudara, dan …”
11. Apabila pendekatan anda gagal – ganti segera! Jika anda tidak puas dengan proses yang sedang berlangsung, ganti pendekatan lingkungan fisik atau taktik anda. Anda tidak akan rugi banyak apabila tidak mencapai apaun. Ingatlah pentingnya daya empati dan fleksibiltas.
12. Bernafaslah dalam-dalam! Perang stress dan ketegangan dengan bekerja lebih santai serta menarik nafas panjang.

Di sadur dari buku "Komunikasi Sebening Kristal" karya Kris Cole

Tidak ada komentar:

Posting Komentar