Seiring dengan perkembangan teknologi, perpustakaan tidak hanya bisa dikunjungi secara fisik dengan mengunjungi gedung perpustakaan yang kemudian meminjam buku secara manual, tapi kini dapat dijelajahi di dunia maya dengan mengunjungi perpustakaan secara online di internet. Begitu juga kita bisa baca buku tanpa harus membeli atau meminjam buku ke perpustakaan, cukup meng klik judul buku (e_book), dalam hitungan menit bisa diperoleh berbagai informasi di penjuru dunia

PRESS RELEASE

Melalui blog ini kami ingin berbagi informasi dan pengetahuan, dengan menyediakan e_book, artikel-artikel, daftar pustaka dari koleksi perpustakaan yang kami kelola. Perpustakaan ini juga menyediakan bahan bacaan untuk masyarakat sekitar dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kreativitas dan minat baca masyarakat. Melalui perpustakaan online ini kami juga berharap partisipasi anda dengan mengirimkan e_book, resensi buku, artikel karya sendiri atau saduran serta membantu pengadaan buku untuk melengkapi koleksi perpustakaan dengan mengikuti program AYO SUMBANG/TITIP BUKU

Sabtu, 14 Agustus 2010

Aqidah Islam; Pola Hidup Manusia Beriman

Aqidah Islam: Pola Hidup Manusia Beriman. Sayid Sabiq. Cet. 2
Thn. 1978. Bandung: Diponegoro.

522 hal.; 15 x 22 cm


Penulis buku ini memberikan gambaran tentang pentingnya usaha mengembangkan aqidah yang hak, sehingga diperoleh buah iman yang dimanifestasikan dalam bentuk amal itu. Untuk itu penulis menyajikan berbagai ulasan yang dapat mencekam pembaca terpaut mengikuti tulisannya yang mudah dipahami, didasarkan pada nash Al-Quran dan Hadist tanpa melupakan ilmu pengetahuan kontemporer.

Kumpulan Do’a dari Al-Qur’an dan Hadist.

Buku kecil ini memuat perintah berdo’a dan sebab-sebab do’a yang tidak diterima. Juga memuat kumpulan do’a yang berasal dari Al-Qur’an dan Hadist yaitu do’a sehari-hari, do’a di sekitar sholat, do’a-do’a umum dan do’a-do’a khusus.

Tarbiah Ruhiah; Petunjuk Praktis Mencapai Derajat Taqwa

Tarbiah Ruhiah: Petunjuk Praktis Mencapai Derajat Taqwa. Abdullah Nasih ‘Ulwan. Cet. 5
Thn. 1996. Jakarta: Robbani Press.

114 hal.; 12,5 x 17,5 cm.
Edisi Indonesia;


Dalam buku ini dibahas mengenai jalan mencapai sifat taqwa serta faktor-faktor yang menumbuhsuburkan ruhiah dan pengaruh tarbiah ruhiah dalam pembinaan, perbaikan dan pembaharuan umat.

Tafsir Kontekstual Al-Qur’an

Tafsir Kontekstual Al-Qur’an; Sebuah Kerangka Konseptual. Taufik Adnan Amal. Cet. 3
Thn 1992. Bandung: Mizan.

117 hal.; 14,5 X 21 cm.


Dalam buku ini kedua penulis mencoba meletakkan problem penafsiran Al-Qur’an dalam konteks kesejarahan turunnya Al-Qur’an, konteks susunan ayat-ayatnya, dan sekaligus konteks kekinian. Mereka sepakat dengan aksioma modernisme Islam, bahwa Al-Qur’an haruslah menjadi pedoman bagi kaum Muslim, dalam hidup dan kehidupannya. Berdasarkan keyakinan inilah kedua penulis berusaha mengemukakan metodologi penafsiran Al-Quran yang mampu menjawab tantangan zaman, seraya sedapatnya tetap berlaku adil atas Kitab Suci ini, demi menjaga otentisitas pemahamannya.

Bahan Renungan Kalbu; Penghantar Mencapai Pencerahan Jiwa

Bahan Renungan Kalbu: Penghantar Mencapai Pencerahan Jiwa. Permadi Alibasyah.
Thn 2002. Jakarta, Yayasan Mutiara Tauhid.

539 hlm.,: 16 x 24,5 cm

Buku Renungan Kalbu, disusun sebagai upaya untuk mendatangkan keyakinan-keyakinan Illahiyah. Pengalaman mengajarkan keyakinan seperti layaknya anak tangga,, tidak datar tapi bertingkat-tingkat. Seseorang tidak akan dapat mempunyai keyakinan yang ada di tingkat ketiga bila ia belum memiliki keyakinan yang berada ditingkat pertama dan kedua. Buku ini disusun dengan mengikuti pola seperti tangga. Karena itu untuk mendapatkan pemahaman yang optimal, memahaminya harus bab demi bab secara berurutan. Tidak disarankan untuk membaca bab II sebelum menghayati bab I.
Renungan Kalbu ini merupakan penghantar merenung atau tafakur bagi orang yang ingin memfungsikan akal dan kalbunya dalam upaya menggapai kebenaran yang hakiki.

Fiqih Wanita

Fiqih Wanita. Anshori Umar.
Thn 1981. Semarang: CV. Asy-Syifa

518 hlm.; 16 x 21,5 cm
Edisi Indonesia

Buku ini dibagi dalam dua bagian yaitu tentang Ibadat dan Muamalat. Pada bagian ibadat, mengupas tentang thaharah, shalat, zakat, puasa dan haji. Sedangkan pada bagian muamalat, mengupas tentang nikah, thalaq, hal-hal yang menyerupai thalaq, nafkah dan memelihara anak, pembahasan tentang UU no. 44 (Mesir) mengenai perhubungan pribadi, hudud, makanan, jual beli, keagungan Islam dalam mengatur naluri manusia, dan pandangan Islam terhadap wanita.

Islam Masa Depan

Islam Masa Depan. Armahedi Mahzar.Cet. 1
Thn 1993. Bandung: Pustaka

132 hlm.; 14,5 x 21 cm


Buku ini merupakan kumpulan dari tulisan-tulisan lepas yang mengandung tiga tema yaitu hikmat Islam, peradaban dan masa depan/kebangkitan. Buku ini terutama disampaikan pada kawula muda Muslim generasi sekarang yang kerja keras dan kesungguhannya telah mendorong penulis untuk ikut menyumbang pemikiran pada persoalan yang sedang dan akan mereka hadapi selama ini dan dimasa mendatang.

Islam di Tengah Pertarungan

Islam di Tengah Pertarungan Tradisi. Muhammad Quthb. Cet. 1986
Thn. 1986. Bandung; Mizan.

244 hlm.; 11,5 x 17 cm.


Buku ini dipilih diantara sekian banyak tulisan dari Muhammad Quthb karena kecermatannya didalam menyingkap kemunafikan peradaban modern. Uraiannya dibuka dengan pembahasan tentang keyakinan Islam – bertentangan dengan teori Darwin, Huxley, Freud dan Mrx yang atheis – akan hanya sesuatu yang tetap dalam kehidupan manusia di muka bumi ini – yakni nilai-nilai moral yang fitri. Selanjutnya Quthb, dalam suatu analisis yang tajam dan akurat, menghimbau ketajaman akal budi manusia agar bisa menampak coreng-moreng peradaban modern yang selama ini tertutupi tirai “rasionalitas ilmiah, humanisme dan kebebasan”.

Nashaitul Ibad : Nasihat-Nasihat untuk Para Hamba menjadi Santun dan Bijak

Nashaihul Ibad; Nasihat-Nasihat untuk Para Hamba menjadi Santun dan Bijak. Imam Nawawi Al Bantani. Cet. 1
Thn 2005. Bandung: Irsyad Baitus Salam.

304 hlm.; 14,5 x 21 cm.
ISBN 978-979-1348-03-4

Buku Nashaitul Ibaad, menjadi Santun dan Bijak ini disajikan untuk anda sebagai pedoman dan rujukan berperilaku sesuai dengan tuntunan islami, yang dapat membawa anda kearah kebaikan dan menjadikan anda berbudi pekerti santun dan berjiwa lembut. Berbagai macam sikap dan perilaku yang dicontohkan dalam buku ini, yang berasal dari sabda nabi dan atsar para sahabat serta nasihat para ulama dan ahli bijak, nilainya sangat tinggi..
Kandungannya begitu dalam dan hakikatnya begitu tinggi sehingga bila dipahami secara mendalam dan dipraktekkan dengan ikhlas dalam kehidupan sehari-hari, dapat mengantarkan kita pada kebersihan hati, kesucian jiwa, dan kesantunan budi pekerti serta dapat mengingatkan kita akan pentingnya kita mempersiapkan diri menghadap Sang Mahakuasa dengan membawa berbagai amal kebaikan dan budi pekerti yang santun.
Semoga pembaca yang budiman dapat mengambil banyak manfaat yang sebanyak-banyaknya dari buku ini.

Khalil Gibran: Pasir dan Buih

Pasir dan Buih. Kahlil Gibran. Cet. VI
Thn. 2004. Bandung: Diva Press

144 hlm.; 11x 17 cm.



Kali ini Khalil Gibran dalam bukunya Pasir dan Buih yang telah diterjemahkan, memuat kata-kata puitis yang bermakna, berkisar antara perjalanan hidup, Tuhan, cinta, kisah kehidupan, pikiran, manusia, yang akan membawa pembaca untuk mengernyitkan dahi dalam memaknai artinya. Buku ini telah di cetak ulang untuk kesekian kalinya, karena atas banyak permintaan pembaca.

Otobiografi A.A Navis; Satiris dan Suara Kritis dari Daerah

Otobiografi A.A. Navis: Satiris & Suara Kritis dari Daerah. Abrar Yusra.
Thn 1994. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

434 hlm.; 13,5 x 21 cm.
ISBN-606-141-9



Di Indonesia karya otobiografis biasanya dipandang sebagai bagian gaya ketokohan seseorang di lapangan politik dan/atau militer. Lalu bagaimanakah otobiografi seorang seniman atau intelektual, yang marjinal?
Otobiografi ini menjelaskan proses kreatif, pergulatan intelektual, komitmen serta aktivitas social seseorang A.A Navis di banyak lapangan, disamping melepaskan isyarat-isyarat dan statement tentang pelbagai hal secara kritis dan lugas bahkan barang kali juga kontroversial.

Aneka Resep Masakana Kue & Puding Cipta Selera

Aneka Resep Masakan Kue & Puding Cipta Selera. Dewi Suharsono.
Surabaya: Cipta Media

224 hal.; 12,5 x 18 cm


Buku ini memuat bermacam-macam resep masakan, kue dan puding. Sesuai dengan isinya yang mencakup berbagai macam masakan. Berisi aneka resep nai, aneka resep lauk pauk, aneka resep sayur, aneka resep sambal, aneka resep kue basah, aneka resep kue kering dan aneka resep minuman. Resep dalam buku ini telah diuji coba dan hasilnya memuaskan, tapi pembaca diharapkan berkreatif lagi untuk mencoba resep dalam buku. Buku ini mudah-mudahan dapat membantu kesulitan anda dalam urusan dapur.

Studi Ilmu-Ilmu Qur’an

Studi Ilmu-Ilmu Qur’an. Manna Khalil Al-Qattan. Cet. 1
Thn 1992. Bandung: Pustaka Litera AntarNusa.

543 hlm.; 14,5 x 21,5 cm.
ISBN: 979-8100-17-4


Buku ini berisi pembahasan yang cermat sekali dan menyeluruh mengenai seluk beluk Qur’an; Perbedaan Qur’an dengan Hadis Kudsi, Hadis Kudsi dengan Hadis Nabawi. Tentang Wahyu; cirri-ciri dan perbedaan ayat-ayat Makki dan Madani, yang pertama dan yang terakhir turun. Asbabun nuzul, sebab-sebab turunnya suatu ayat, perlunya mengetahu dan perhatian para ulama tentang hal ini. Pengumpulan Qur’an dan penyusunanya pada masa Nabi dan sesudahnya, urutan ayat dan surah, rasam Usmani. Pembacaan dan tajwid, adab tilawatil Qur’an dan pengajarannya, para Qari dan beberapa dialek. Perbedaan ayat-ayat muhkamat dan mutasyabihat, yang bersifat khusus dan umum. Tentang nasikh dan mansukh serta beberapa contoh. Yang tersirat dan tersurat. Mukjizat Qur’an dari segi bahasa, ilmu dan syariat. Pengertian tamsil dalam Qur’an, kisah-kisah dalam dan pengaruhnya dalam pengajaran dan pendidikan.
Buku ini ditutup dengan biografi dan sejumlah ahli tafsir terkemuka, dilengkapi dengan bibliografi dan indeks.

40 Langkah Melestarikan Kemesraan Suami Istri

40 Langkah Melestarikan Kemesraan Suami Istri. Cet. 1
Thn 1997. Bandung: Irsyad Baitus Salam.
264 hlm; 10,5 x 14,5 cm.


Tidak jarang pasangan suami istri merasakan adanya kemesraan sewaktu bulan madu. Setelah itu kehampaan dan kesepian yang lebih mereka rasakan dengan seribu satu alas an sebagai kambing hitamnya.
Kalau kita benar-benar mengaku muslim dan menjadikan Rasulullah Saw sebagai uswatun hasanah, maka pasangan suami istri tidak akan kering dari suasana mesra dan romantis sepanjang waktu yang ditentukan Allah Swt.
Rasulullah begitu praktis memberikan teladan kepada kita bagaimana melestarikan kemesraan dan romantisme. Tidak haruis mengeluarkan biaya dan menyediakan waktu khusus, tetapi dalam kegiatan kehidupan sehari-hari dapat ditumbuhkan kemesraan dan romantisme. Tinggal ada kemauan atau tidak. Suami istri bisa mandi bersama, saling membantu memoleskan minyak wangi, melepas kepergian suami kerja dengan ciuman, menyambut kedatangan suami dengan wajah berseri-seri, mengganti pakaiannya, lalu menyuapinya dan masih banyak lagi yang dapat dikerjakan suami istri untuk menciptakan kemesraan. Semua ini didasarkan pada ketentuan Allah dan Rasul-Nya.

Sejarah Al-Quran

Sejarah Al-Qur’an. Abubakar Aceh. Cet. 5
Thn 1986. Bandung: CV Ramadhani.

422 hlm.; 14,5 x 21 cm


Buku Sejarah Al-Qur’an ini meriwayatkan penyusunan Al-Qur’an sampai menjadi mashaf seperti sekarang ini. Disamping itu terdapat juga uraian-uraian mengenai kebudayaan, kesenian, politik dan perekonomian yang sekarang mempengaruhi kehidupan hampir sepertiga penduduk dunia.
Bagi mereka yang ingin belajar Agama Islam dan mengenal lebih dekat penganutnya, maka buku ini memberi jalan untuk mencapai niat tersebut.

Klasifikasi Kandungan Al-Qur’an

Klasifikasi Kandungan Al-Qur’an. Choiruddin Hadhiri SP.
Thn 1994. Jakarta: Gema Insani Press.

315 hlm.; 14 x 21,5 cm


Al-Quran adalah sumber pokok pedoman hidup kita. Tidak ada satu kitabpun yang lebih sempurna dan dapat menandingi Al-Qur’an. Seluruh aspek kehidupan, baik di dunia maupun kehidupan setelah ini dijelaskan dengan amat terperinci didalamnya. Karena memang Al-Qur’an adalah kitabullah yang diturunkan dari Sang Maha Pencipta dan Yang Maha Mengetahui segala urusan.
Tentu sudah merupakan kewajiban bagi kita unuk mengkaji, memahami, meyakini dan mengaktualisasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun seringkali kita mengalami kesulitan dan terbentur tatkala tengah menganalisa satu masalah, karena masalah itu dijabarkan dalam beberapa ayat dan surat yang tidak berurutan.
Karena itulah, untuk memudahkan anda memahami kandungan Al-Quran, kami hadirkan buku yang dirancang khusus mengklasifikasikannya dalam format yang pas, jelas dan tidak berbelit-belit dan tidak berbelit-belit. Semoga buku ini bermanfaat buat anda.

Rahasia Zikir dan Do’a

Rahasia Dzikir dan Do’a. Abu Hamid Al-Ghazali. Cet. 5
Thn 1996. Bandung, Karisma

137 hlm.,: 14 x 21 cm.

Buku ini mencoba untuk menyingkap rahasia dibalik zikir dan do’a, yang tampak sedemikian ringannya di lidah dan sedemikian mudahnya dikerjakan.
Buku ini juga memuat banyak sekali teks do’a dan zikir serta fadhilahnya, yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadist Nabi Muhammad Saw juga dari beberapa ulama
serta tokoh sufi terkemuka, baik yang dibaca sehari-hari maupun pada peristiwa-peristiwa tertentu.
Yang terpenting lagi, uraian didalamnya tentang pelbagai adab dan etika, yang seyogyanya diperhatikan dan dihayati oleh siapa saja yang hendak berdo’a atau berzikir, sehingga lebih besar kemungkinannya untuk diterima oleh Allah Swt.

Haji

Haji. Ali Shariati, Cet. 2.
Thn 1995.Bandung, Pustaka.

190 hlm.,: 14,5 x 21 cm


Buku ini ditujukan kepada orang-orang muslim dan non muslim, membahas masalah-masalah dan ajaran-ajaran yang penting artinya bagi umat manusia. Isi buku ini bermanfaat bagi setiap orang yang ingin memahami konsep manusia sebagaimana “seharusnya”, yang berbeda sekali dari konsep manusia sebagaimana “adanya” pada jaman sekarang ini.
Menurut Dr. Ali Sahriati, tujuan dibuatnya buku ini bukan untuk menerangkan kepada pembaca apa saja yang harus mereka lakukan ketika menunaikan ibadah haji. Keharusan ini dapat mereka ketahui dari buku-buku manasik haji. Dengan penyampaian kalimat-kalimat yang indah, pengarang buku ini berharap agar kaum muslimin diwajibkan untuk menunaikan ibadah haji atau setidak-tidaknya dapat mendorong mereka untuk merenunginya.

Tata Cara Shalat Nabi

Tata Cara Shalat Nabi Saw. Sa’id bin Ali Wahf Al-Qahtani. Cet 20
Thn 2005. Bandung, Irsyad Baitus Salam

320 hlm.; 10 x 14,5 cm.
Edisi Bahasa Indonesia


Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihatku shalat (H.R Bukhari). Inilah perintah Rasulullah kepada kita dalam shalat, agar shalat yang kita kerjakan sempurna.
Al-Qahtani telah membantu kita dengan menyusun buku tata cara shalat Nabi Muhammad Saw. Dengan didasarkan pada hadist-hadist yang shahih. Beliau merinci serangkaian urutannya mulai dari takbiratul ihram sampai salam, baik gerakannya maupun bacaannya, juga menjelaskan mana yang termasuk perbuatan yang rukun, yang wajib, maupun yang sunnah, sehingga dengan penjelasan tersebut kita dapat memperoleh gambaran kesempurnaan shalat sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah Saw.
Semoga kita dapat mengamalkannya, sehingga segala yang kita kerjakan diterima dengan baik oleh Allah Swt.

Asma’ul Husna for Teens

Asma’ul Husna for Teens: Gue Juga Bisa Deket Sama Allah, Lho!. Iwan Januar.
Thn 2009. Bandung: Sygma Publishing

244 hlm.; 12,5 x 17,5 cm.
ISBN 978-979-055-029-2

Buku mungil ini mengajak kamu semua buat kenalan dengan Allah Swt. Dibuku ini anda akan diajak mengenal 99 nama-nama Allah (Asma’ul Husna), dengan cara penyampaian yang mewakili anak remaja. Dengan gaya penulisan yang ringan, kamu akan diberi gambaran yang jelas dan komplit tentang nama-nama Allah.
Kamu juga bisa tahu, bagaimana penerapan Asma’ul Husna dalam kehidupan sehari-hari, step-by-step. Selain itu kamu akan diajak mengenal Allah Swt, dan menerapkan sifat-sifat Nya dalam diri. Buku ini juga mengajak kamu melihat efek dahsyat yang kamu rasakan setelah menerapkan Asma’ul Husna.

Menjadi Santri di Luar Negeri

Buku ini memuat karangan dari mereka para santri yang sedang mencari ilmu di Australia. Dengan latar belakang keilmuan yang berbeda dan cara penyampaiannya mereka berusaha memaparkan pengalaman dan renungan keagamaan yang di alaminya selama di sana.
Melalui pandangan-pandangan, pengalaman-pengalaman, khotbah-khotbah dan ceramah-ceramah, anda akan mendalami islam, disamping mendapatkan gambaran kehidupan keagamaan muslim Indonesia beserta kegiatannya di negeri kangguru itu. Ghirah muslim Indonesia di Australia meningkat setelah mereka menuntut ilmu meskipun dengan kondisi lingkungan yang tidak kondusif untuk melaksanakan ajaran islam secara menyeluruh. Salah satunya, ada seorang mahasiswi asal Ujung Pandang, awalnya ia selalu mengenakan jeans dan tertawa didepan pria, kini dia menjadi seorang muslimah yang selalu mengenakan hijab tertutup dengan pandangan selalu tertunduk.
Meskipun dalam situasi yang tidak kondusif, tapi justru dalam situasi seperti itu, para mahasiswa/wi mengaktualisasikan keislaman mereka secara kafah.

Jadilah Wanita Yang Paling Bahagia

Jadilah Wanita Yang Paling Bahagia. Aidh Al-Qarni, Cet. 1
Thn 2004 Bandung, Irsyad Baitus Salam.

456 hlm.: 10.5 x 14.5 cm.
ISBN: 978-979-1348-14-0
Edisi Bahasa Indonesia;

Buku ini ditujukan kepada wanita muslimat, remaja putri, wanita pendidik, ibu seorang anak, dan kepada wanita yang dirundung kesusahan dan kesedihan, untuk selalu hidup bahagia dalam menempuh perjalanan hidupnya. Melalui buku ini, pengarangnya mengingatkan kepada setiap wanita untuk selalu berbahagia dengan agamanya dan merasa senang dengan karunia Allah yang telah dianugerahkan kepadanya. Diawali dengan kata-kata bermakna dan diakhiri dengan pencerahan jiwa, penulis berusaha untuk memberikan pesan-pesannya secara indah agar dapat menyentuh setiap wanita yang membaca buku ini.
Dalam pendahuluannya buku ini, mengajak wanita untuk membaca buku ini, karena didalamnya terkandung banyak ayat yang penuh hikmah, Hadist yang benar, pendapat yang menuntaskan, kisah yang memberi inspirasi, bait syair yang menyentuh, pemikiran yang tepat, dan pengalaman yang memberikan tuntunan. Bacalah menu ini untuk mengusir dari dalam diri anda sisa-sisa kesedihan, kegelisahan yang menghantui diri dan semua mimpi buruk yang menakutkan lagi mencemaskan. Ia akan menunjukkan kepada anda cara untuk menghibur diri, meraih kebahagiaan, mempertebal keimanan, serta memperoleh keceriaan dan kegembiraan. (hal. 28).
Buku ini juga untuk mengingatkan kepada wanita agar tidak terlalu bangga dan terinspirasi kehidupannya dengan membaca novel picisan karya barat yang bisa membius daya akal dan nuraninya, tapi dengan buku ini wanita muslimat dalam mengisi hari-harinya akan terjaga keselamatannya dunia akhirat.

12 Resep Mengatasi Konflik

Ada 12 bahan dalam resep ini untuk menyelesaikan konflik dengan sukses, yakni:
1. Saling menghormati – Apabila anda menghormati diri sendiri dan orang lain, anda cenderung menuju pada sebuah pemecahan yang sama-sama menguntungkan.
2. Landasan Umum – Jarang sekali orang tidak setuju terhadap apapun. Carilah titik pertemuan berbagai minat Anda, dan gunakan itu sebagai titik awal.
3. Buat daftar kebutuhan, kerisauan dan keinginan – Bila kedua sisi menunjukkan kerisauan, kebutuhan dan keinginan mereka, jelaslah bahwa beberapa diantaranya punya kesamaan. Gunakan daya empati atau pertanyaan yang teliti untuk memahami kebutuhan orang lain.
4. Definisikan kembali masalah – Bila musyawarah kurang berhasil, cobalah rumuskan lagi masalahnya. Sebuah perspektif yang berbeda seringkali dapat membantu.
5. Fokuskan pada hasil yang diterima semua pihak – Ajukan pertanyaan sederhana: “Apa yang sama-sama kita inginkan?” Pertanyaan itu akan memberi anda sebuah tujuan dan kerangka kerja bersama.
6. Buat daftar pilihan dan tetaplah fleksibel – Sebagian besar kasus memiliki lebih dari satu solusi. Waspadalah terhadap berbagai pilihan itu, sebelum anda memulainya.
7. Pertahankan pikiran yang terbuka – Jika anda benar-benar tertarik menelusuri masalah dan menemukan pemecahan kreatif, kemungkinan keberhasilan anda akan meningkat.
8. Tetaplah positif – Kita tahu bahwa perilaku akan mempengaruhi perilaku lain, dan sama seperti penyakit campak, segi-segi negative pun ikut menyebar. Berita baiknya adalah segi positif pun juga ikut terbawa. Bertindaklah bijaksana dan masuk akal, gunakan pernyataan positif seperti “Saya setuju”, kapanpun keadaan memungkinkan.
9. Capailah solusi dengan bekerja sama – Bahasa tubuh dan pengaturan perabotan adalah isyarat halus yang anda minati untuk berinteraksi, dan bukan untuk bermusuhan dengan orang lain. Daripada duduk berhadapan dengan lawan bicara, tempatkan kursi anda disebelahnya.
10. Hilangkan kata “tetapi…” kata-kata tetapi seperti “tetapi dan namun’ segera memberi tanda pada orang lain bahwa anda tidak setuju. Sebaliknya gunakan frasa seperti “ Saya menerima pendapat saudara, dan …”
11. Apabila pendekatan anda gagal – ganti segera! Jika anda tidak puas dengan proses yang sedang berlangsung, ganti pendekatan lingkungan fisik atau taktik anda. Anda tidak akan rugi banyak apabila tidak mencapai apaun. Ingatlah pentingnya daya empati dan fleksibiltas.
12. Bernafaslah dalam-dalam! Perangi stress dan ketegangan dengan bekerja lebih santai serta menarik nafas panjang.


Di sadur dari buku dengan judul “Komunikasi Sebening Kristal” karya Kris Cole

15 Kunci Ajaib Agar Orang Percaya Pada Anda

1. Jangan pernah mengira mereka mempercayai anda
2. Ceritakan pada mereka sejauh mereka mau percaya.
3. Bagaimana pun sakitnya, katakan kebenaran.
4. Temukanlah berbagai kelemahan.
5. Gunakan angka-angka yang rinci.
6. Yakinkan mereka bahwa anda tidak mewakili siapa pun.
7. Sembunyikan keuntungan yang anda harapkan.
8. Tampil seperti seorang yang sukses.
9. Beritahu mereka bila anda punya sesuatu yang harus dicapai.
10. Bukalah permasalahan secara langsung.
11. Gunakanlah keampuhan kata-kata tertulis.
12. Biarkan mereka tahu siapa lagi yang mengerti hal tersebut.
13. Buat dan gunakan berbagai surat keterangan.
14. Dapatkan tanda tangan orang yang mereka kenal.
15. Camkan “Bila mereka bisa melakukannya, saya pun bisa!”.

Disadur dari buku “Rahasia Kekuatan Bernegosiasi”, karya Roger Dawson

Manfaat Teh Terhadap Kesehatan

Di negeri Jepang kebiasaan minum teh dianggap sebagai tradisi sakral untuk menghormati tamu. Lain di negeri orang lain pula di negeri kita. Orang-orang Indonesia terutama yang berada di pedesaan, minum teh hanyalah sebagai penghilang haus. Atau pada waktu-waktu tertentu seperti pagi dan sore hari, minum teh hangat atau teh manis dilengkapi makanan alakadarnya mempunyai manfaat besar untuk kesehatan tubuh, misal mengurangi risiko timbulnya penyakit kanker.
Menurut ensiklopedi Nasional Indonesia, khasiat yang diperoleh dari daun teh adalah sebagai obat kuat, anti kejang, peluruh keringat, perangsang saraf, peluruh dahak atau obat batuk, pelancar air seni, penenang, pelancar pencernaan.
Selain khasiat di atas, bagi ibu-ibu yang bila anaknya terserang gangguan pencernaan, seperti mencret-mencret atau disentri, teh juga bisa membantu menyembuhkannya. Cukup dengan menyeduh air teh yang kental dan pahit, lalu diminumkan, maka penyakit disentrinya lambat laun akan sembuh. Juga dengan terbiasa minum air teh yang teratur dapat mengurangi tekanan darah tinggi, menurunkan berat badan serta membantu perkembangan gigi bagi anak kecil.
Teh juga mengandung minyak atsiri yang bisa diambil dari biji teh dan dapat digunakan sebagai obat gosok bila tubuh atau otot terasa pegal dan sakit. Khusus bagi yang rambutnya rontok, dapat dicoba dengan memanfaatkan air teh dingin yang telah diembunkan selama satu malam, lalu dipakai sebagai air keramas, dan ini dilakukan secara berulang-ulang, manfaat yang diperoleh adalah memperkuat akar rambut, sehingga mencegah kerontokan. (Ruhyani Thea)

Kolesterol dan Permasalahannya

Untuk menjaga kesehatan tubuh, anda diharuskan melakukan general check-up rutin setiap tahun ke laboratorium yang terdekat/langganan anda. Mulai dari pemeriksaan urine, tinja, darah, rontgen, USG dan pemeriksaan rahim (papsmear) bagi ibu-ibu sampai ke pemeriksaan fisik. Melalui chek-up, dapat diketahui sejauh mana keadaan kesehatan karyawan, apakah kondisi kesehatannya tersebut baik atau memiliki gejala-gejala penyakit seperti gangguan jantung, darah tinggi, diabetes, asam urat, atau kelebihan kolesterol. Sejauh ini masyarakat dengan pola makan yang tidak terjaga kebanyakan mempunyai kelebihan kolesterol dengan kadar yang cukup tinggi.
Di antara mereka yang telah melakukan chek-up mengeluhkan adanya pembatasan jenis makanan yang dapat menambah kadar kolesterol atau bahkan larangan untuk mengkonsumsi padahal mereka sangat menyukai, dianjurkan makanan yang kandungan kolesterol tidak melebihi 250 mg.
Untuk mengenal lebih jauh mengenai kolesterol, penyakit yang disebabkannya dan bagaimana cara menghindarinya, mari kita simak uraian berikut.
Kolesterol. Istilah kolesterol, berasal dari bahasa Yunani, chole berarti empedu, dan stereos berarti padat, yang merupakan sekumpulan senyawa organik. Sebetulnya kolesterol banyak dikandung dalam bagian tubuh hewan, namun tubuh manusia juga bisa membentuk kolesterol. Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi; telur, susu, keju, mentega, hati, otak dan kuning telur. Sedangkan lemak nabati aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung banyak kolesterol. Ibu-ibu sebaiknya menghindari pemakaian ulang minyak goreng karena dapat menimbulkan lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh manusia.

Penyakit yang ditimbulkannya. Kolesterol dalam tubuh manusia berasal dari lemak hewani yang dimakan maupun dibentuk sendiri oleh organ tubuh, berbentuk zat berwarna putih seperti lilin yang bisa mengendap dalam pembuluh darah. Apabila endapan tersebut terjadi pada pembuluh darah yang membawa oksigen serta sari makanan ke jantung akan menimbulkan penyempitan pembuluh darah atau arteosklerosis. Karenanya kelebihan kolesterol menjadi salah satu faktor penyebab penyakit jantung koroner. Gejala yang ditimbulkan karena kelebihan kolesterol adalah jika setelah mengkonsumsi makanan terasa pusing-pusing disertai tubuh terasa lesu serta keadaan emosi tidak stabil.

Cara Pencegah. Ungkapan “Pencegahan lebih baik daripada pengobatan” berlaku juga pada orang yang berkecenderungan memiliki gejala kelebihan kolesterol. Menurut beberapa sumber, cara pencegahan yang harus dilakukan oleh penderita kelebihan kolesterol adalah sebagai berikut:
Pertama, olah raga. Setiap makanan yang telah dicerna oleh lambung, akan menimbulkan kalori dan lemak yang lama kelamaan akan bertambah banyak jika badan kurang digerakkan, yang pada akhirnya dapat menimbulkan kegemukan. Melalui olah raga, setiap kelebihan kalori atau lemak akan dibakar sehingga kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal yaitu antara 150 hingga 250 mg. Olah raga yang paling baik adalah olah raga yang dilakukan di luar ruangan dengan udara segar, hingga tubuh kita mengeluarkan banyak keringat.
Kedua, diet. Pada umumnya penyakit yang timbul adalah karena kelebihan makanan. Untuk itu hindarilah makan berlebihan, makanlah apabila belum terasa lapar dan berhentilah makan apabila belum terasa kenyang. Pola makanan harus diatur, batasilah setiap makanan yang berlemak. Perbanyaklah makan buah dan sayuran untuk mengimbangi kelebihan lemak. Namun perlu diingat pula, diet yang dilakukan harus dikonsultasi kan dengan ahli gizi, karena ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari serta mengetahui jumlah kalori yang harus dimakan agar tidak berlebihan.
Ketiga, tekreasi. Luangkan waktu untuk rekreasi. Rekreasi yang paling baik untuk kesehatan tubuh adlah mengunjungi daerah berudara segar dan bersih, seperti pantai, pegunungan. Lebih baik lagi jika rekreasi tersebut dilakukan dengan berjalan kaki. Hindari tempat-tempat yang mengundang kita untuk makan makanan berlemak.
Keempat, hindari stress. Telah disebutkan di atas bahwa kolesterol merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung koroner. Sebetulnya masih ada beberapa faktor penyebab lain seperti merokok, kegemukan, kurang olahraga, dan stress. Stress yang berkepanjangan bisa mengakibatkan tubuh kita mengalami kerusakan dan mempercepat timbulnya penyakit jantung koroner. Oleh sebab itu jagalah kesehatan kita dengan menjauhi stress. (Ruhyani Thea)

36 Strategi: Rahasia Bisnis Ala Cina

Ada ungkapan Cina “Shang chang ru zhan chang”, yang berarti pasar adalah medan perang. Itulah cara orang Asia memandang pentingnya sukses dalam dunia bisnis. Mereka percaya bahwa hidup itu sendiri merupakan peperangan, dan dalam menyusun kebijak ekonomi sama pentingnya dengan aturan perang. Berikut 36 strategi Cina dalam menghadapi segala sesuatu, dan kini diterapkan dalam urusan bisnis:

Strategi 1 – Tipulah Mata dan Seberangi Lautan
Untuk mewujudkan sasaran anda, kadang-kadang perlu membuka kesalahan dan menyembunyikan kebenaran. Karena itu perhatian lawan dipusatkan pada situasi yang salah sambil membiarkan sasaran yang benar dilalui dengan mudah tanpa pengamanan ketat.
Strategi 2 – Mengepung Wei untuk Menyelamatkan Zao
Daripada berhadapan dengan musuh yang kuat, anda harus mengalihkan kekuatan musuh, menyerang titik vitalnya dan menghindari konfrontasi langsung.
Strategi 3 – Pinjam Tangan Orang Lain Untuk Membunuh
Inilah strategi yang biasa digunakan untuk menghancurkan lawan tanpa tangan anda sendiri berlumuran darah. Ini dinyatakan dengan memperkenalkan unsure ketiga dalam perjuangan antara anda dan lawan anda. Dan itu berarti menciptakan atau mengintensifkan sebuah permusuhan antara lawan anda dengan partner yang ingin anda manfaatkan. Akhirnya sang partner akan melukai lawan anda, persis seperti yang anda inginkan tanpa harus sedikit pun mengotori tangan anda.
Strategi 4 – Sibukkan Lawan , sementara anda beristirahat.
Jika anda berada di posisi yang lemah dan harus mengahadapi lawan yang kuat. Lawan anda akan lelah dan kehilangan antusias. Sementara anda mengulur waktu, beristirahatlah sambil menantikan terjadinya perubahan.
Seandainya anda dapat memperburukdapat memperburuk posisi lawan, sementara posisi anda sendiri tidak berubah, anda dapat mengunggulinya.
Strategi 5 – Gunakan Kesempatan Merampok Bila ada Kebakaran. Kemenangan didapat dengan menarik keuntungan dari kerugian lawan anda sedang terbakar, gunakan kekacauan yang ada untuk untuk mencuri posisinya/bisnisnya.
Strategi 6 – Tunjukkan Kekuatan di Timur, Serang di Barat
Samarkan tujuan serangan anda dengan cara berpura-pura akan menyerang tempat lain. Perlu kretivitas untuk menciptakan tipuan lain yang mampu mengecoh mereka.
Strategi 7 – Buatlah “ Tidak Ada” Menjadi “Ada”.
Tujuan strategi ini adalah membuat segala yang tidak nyata menjadi nyata, dari kekosongan menjadi sesuatu yang berisi.
Strategi 8 – Gunakan Jalur Chen Chang Secara Diam-Diam
Strategi ini, kita harus meyerang sewaktu si musuh tidak siap untuk menduganya. Kita juga harus merendah untuk membiarkan musuh menjadi sombong.
Strategi 9 – Mengawasi Api Menyala dari Seberang Sungai
Ini adalah untuk melatih kesabaran dan membiarkan hal yang diinginkan terus terjadi.
Strategi 10 - Sembunyikan Pisau di Balik Senyuman.
Strategi ini digunakan untuk memperoleh keuntungan dengan memupuk kepercayaan lawan anda sehingga mereka menurunkan kewaspadaan mereka.
Strategi 11 – Pohon Plum Berkorban bagi Pohon Peach
Inilah prinsip mengorbankan yang kurang penting untuk memperoleh yang penting.
Strategi 12 – Giring Domba yang Tersesat Kandangnya
Jika anda menjumpai sebuah kesempatan sekecil apapun, bertindaklah dengan cepat untuk membalik kecerobohan lawan menjadi sebuah keuntungan bagi anda.
Strategi 13 – Memukul Rumput untuk Mengganggu Ular
Bila anda tahu maksud lawan, sang lawan tak akan curiga bila ia yakin maksudnya belum terbaca oleh kita. Ketika tiba waktunya untuk menyerang lawan, pukuli rerumputan. Perhatikan bagaimana situasinya akan berkembang dan gunakan untuk keuntungan Anda.
Strategi 14 – Pinjamlah Tubuh Lain untuk Mengembalikan Jiwa
Ketika sebuah perusahaan Cina terancam runtuh, mungkin perusahaan tersebut diam-diam akan mengajak perusahaan Barat untuk membentuk semacam joint Venture. Dengan demikian, perusahaan yang terancam bangkrut akan mendapatkan “nyawa” yang baru.
Strategi 15 – Pikatlah Harimau Agar Pergi Dari Pegunungan
Harimau sangat berbahaya hanya jika ia berada dilngkungan aslinya., yakni pegunungan. Teliti kembali sumber kekuatan lawan anda, dan jika sumbernya adalah perseorangan, singkirkan orang itu. Bila sumbernya datang dari penasihat, singkirkan sang penasihat.
Strategi 16 – Lepaskan Satu Untuk Menangkap Yang Lain
Jika lawan anda tidak punya jalan lagi untuk mundur, keputusasaan justru dapat meningkatkan keberaniannya. Anda sebaiknya memberi ruang gerak bagi lawan untuk mundur, karena mundur akan menghilangkan kekuatan dan semangat mereka.. Dalam manajemen bisnis, daripada menghukum secara keras para karyawan yang melakukan kesalahan, lebih baik bersabar dan menerapkan hukuman ringan. Hal itu akan membuat karyawan anda lebih loyal.
Strategi 17 – Jual Sebongkah Bata Untuk Sebuah Jade
Penting bagi kita untuk selalu meneliti dengan seksama, apa yang kita berikan dan kita terima. Segala sesuatu tidak selalu sama seperti apa yang terlihat.
Strategi 18 – Kalahkan Lawan dengan Menangkap Pemimpinnya
Anda harus betul-betul memahami keinginan sang pemimpin, lalu tempatkan diri anda dalam posisi untuk memenuhi keinginan tersebut. Jika anda tak dapat memenuhi keinginan si pemimpin, anda pun tak akan pernah mampu menangkapnya. Ingatlah bahwa kemampuan menangkap si pemimpin sangat tergantung pada kemampuan anda dalam memahamimya.
Strategi 19 – Singkirkan Kayu Bakar di Bawah Kuali
Dalam negosiasi bisnis atau politik dewasa ini, kesulitan yang muncul sering dapat ditelusuri dan bermuara pada seorang penimbul masalah (trouble maker). Daripada menghadapi masalah yang ditimbulkan, lebih baik kita menyingkirkan atau mengucilkan si penimbul masalah tersebut.
Strategi 20 – Sang Tamu Menjadi Tuan Rumah
Tuan rumah memiliki keuntungan dalam mengendalikan hasil-hasil pertemuan. Dalam mempersiapkan tempat dan agenda pertemuan, tuan rumah dapat menciptakan suasana yang sesuai dengan keinginan mereka. Sang tamu yang cerdik akan mampu menduga maksud dari tuan rumah dan akhirnya membalik keuntungan bagi dirinya.
Strategi 21 – Jangkrik menanggalkan cangkangnya
Strategi ini tidak hanya diterapkan secara eksklusif untuk melarikan diri, namun juga digunakan untuk persiapan serangan mendadak dibelakang garis perlawanan lawan. Sementara anda menunjukkan cangkang yang kosong, kekuatan yang sebenarnya datang dari belakang garis pertahanan lawan dan melakukan serangan tak terduga.
Strategi 22 – Salahkan Orang Lain Dengan Memindahkan Bukti.
Bahkan anak kecilpun biasanya menunjuk pada orang lain untuk menutupi kesalahannya . Dalam dunia yang kompleks, menimpakan kesalahan pada orang lain adalah permainan yang umum.
Strategi 23 – Bunuhlah Ayam Jantan Untuk Menakuti Kera.
Bertahun-tahun lalu di Cina, jika seekor kera tidak menurut pada pelatihnya, sang pelatih akan menyembelih seekor ayam dihadapan kera yang membandel terseut. Setelah melihat ayam jantan yang mati di tangan pelatih, kera itu langsung patah semangat dan mematuhi pelatihnya.
Strategi 24 – Curilah Naga dan Gantilah dengan Burung Phoenix.
Barang tiruan dapat menjadi sebuah daya tarik, dan strategi ini diterapkan dalam iklan, pemaparan produk seringkali tidak sesuai dengan kenyataannya.
Strategi 25 – Serang Ketika Dekat, Bersahabat Kerika Jauh.
Dalam dunia bisnis jika sebuah perusahaan mengkhianati sekutunya dan berpaling pada anda, jangan menganggap hubungan anda
dengannya begitu istimewa, sehingga nantinya ia tidak akan menyerang anda.
Strategi 26 – Pesan Tersembunyi
Masyarakat Asia biasanya tidak menyatakan sesuatu secara langsung, terutamabila menyangku hal-hal yang kurang menyenangkan. Melontarkan kritikan bagi seseorang yang sedang tidak hadir adalah hal yang lumrah. Namun apabila kritikan itu dilakukan secara terselubung, berarti ditujukan pada sesorang yang hadir pada saat itu.
Strategi 27 – Menyamar Sbagai Babi untuk Menangkap Harimau
Jika muncul sebuah lawan yang kuat, berpura-puralah menjadi lemah danhina untuk menurunkan tingkat kewaspadaan sang lawan. Tunggulah hingga tiba saatnya menjebak mereka.
Strategi 28 – Seberangi Sungai & Hancurkan Jembatan
Para pemimpin perlu pendukung yang kuat dalam berusaha mencapai tujuan. Sekali tujuan telah tercapai, para pengikut sebut justru dapat dianggap sebagai penghambat, karena kemampuan dan bakat mereka yang sangat unggul.
Strategi 29 – Berpura-pura Bodoh Namun Bijaksana
Bila kita menghadapai lawan yang kuat, sebaiknya jangan mengambil tindakan terburu-buru yang akan berakibat kekalahan. Kita sebaiknya berpura-pura bodoh, tidak menunjukkan ancaman dan dtidak menimbulkan kecurigaan.
Strategi 30 – Bangkitkan Emosi
Membangkitkan emosi dalam diri orang lain adalah kunci untuk mengatur tingkah laku mereka. Kemarahan adalah emosi yang sangat ampuh. Kemarahan dapat menaklukkan dunia, tetapi pada umumnya kemarahan dapat membutkan penilaian seseorang dan enyebabkan kesalahan fatal.
Strategi 31 – Perangkap Kecantikan
Sejak dahulu kala, wanita telah digunakan sebagai senjata dalam kegiatan spionase dan berbagai intrik. Bahakan dalam dunia bisnis masa kini, pemberian wanita adalah hal yang dianggap lumrah.
Strategi 32 - Kota Yang Kosong
Memamerkan kelemahan dapat menutupi kekuatan kita sekaligus membingungkan lawan.
Strategi 33 – Spionase & Kontra Spionase
Perusahaan Barat jarang yang melindungi dirinya terhadap spionase industri. Para eksekutif barat sering kurang memahami bagaimana seriusnya kebocoran rahasia yang mereka alami. Apalagi para teknisi barat terkenal dengan kebiasaan mereka memamerkan kelebihan yang mereka miliki.
Strategi 34 – Hilangkan Salah Satu Anggota Badan
Selama zaman feudal, para mata-mata yang akan memasuki Negara tetangganya merelakan untuk menghilangkansalah satu anggota tubuh, atau mencungkil sebuah matanya, guna meyakinkan penguasa Negara lawan bahwa mereka telah diperlakukan semena-mena dinegaranya , dan ingin mengabdi pada tuan yang baru.s
Strategi 35 - Mata Rantai.
Strategi mata rantai adalah kombinasi seluruh tipuan peranti dan rencana ke dalam satu susunan berhubungan, seperti rantai yang tak terputus.
Strategi 36 - Lari adalah Kebijakan Terbaik.
Ketika berhadapan dengan kondisi yang tidak kita inginkan, mundurlah. Lakukan serangan bila kondisinya sudah memungkinkan.

Di sadur dari buku "The Asian Mind Game" karya Chin-Ning Chu.

Selasa, 10 Agustus 2010

Tipe Kepribadian dan Temperamen

1. Manusia

Direktur Dominan – Mereka adalah para ekstrovert yang berorientasi pada hasil, dan berkonstrasi pada tugas yang diemban. Mereka senang menerima tanggung jawab dan tidak begitu menggubris arahan orang lain. Untuk berkomunikasi dengan efektif, perlakukan mereka dengan rasa hormat, biarkan mereka merasa bertanggung jawab dan tetaplah terfokus pada hasil yang diharapkan.
Interacting Socialiser – Mereka juga orang-orang ekstrovert, namun mereka lebih peduli terhadap masalah dalam masyarakat. Mereka adalh orang yang suka kegiatan luar dan senang dengan trend serta gagasan baru. Cara terbaik menangani orang semacam ini adalah membiarkan mereka bicara dan berinteraksi.
Penghubung yang Tenang – Para penghubung juga menyukai orang dan berinteraksi, namun lebih introvert dan lebih memilih kebiasaan-kebiasaan yang nyaman daripada perubahan. Mereka bekerja dengan baik dalam tim. Pertanyaan yang berhati-hati akan menghasilkan tanggapan-tanggapan yang berharga.
Pemikir yang Teliti – Mereka juga introvert, namun punya keinginan untuk membuat prestasi. Mereka menyukai perintah, system dan pemikiran yang obyektif. Orang-orang ini tidak suka pekerjaan yang dia lakukan sembarangan (baik pekerjaannya maupun orang lain). Komunikasi yang efektif dengan para pemikir ini akan mnghasilkan penjelasan rinci.

2. Empat Macam Temperamen

Analis menempati 12 persen dari populasi. Mereka dikenal karena pemikirannya yang logis dan konseptual. Orang-orang ini senang diberi kesempatan untuk mengembangkan sebuah rencana.
Hampir 40 persen populasi adalah para legalis. Mereka dapat bekerja optimal dengan pelatihan yang terstruktur, akurat serta bertanggung-jawab. Orang-orang ini tidak menyukai kejutan, namun mereka senang bila dikenal akibat jerih payah mereka. Para realis membentuk sekitar 35 persen populasi, yakni orang-orang yang berorientasi pada tindakan dan suka bersenang-senang. Terkadang mereka perlu dibantu dalam hal manajemen waktu atau mengorganisir diri mereka sendiri. Mereka memilih berbagai variasi dalam pekerjaan dan bila mengalami krisis, akan tampil secara optimal.
Sekitar 13 persen sisanya adala para empatis. Mereka menerima bantuan dan dukungan bagi yang lain, serta memberi tanggapan terbaik pada instruksi pribadi dan dorongan. Sebaiknya tidak membebani mereka dengan rincian yang terlalu banyak dan tunjukkanlah penghargaan atas sumbangan mereka.
Dengan belajar mengenal tipe-tipe kepribadian di atas, kita dapat berkomunikasi secara lebih efektif dan mendapat hasil yang diinginkan.

Di sadur dari buku "Komunikasi Sebening Kristal" karya Kris Cole

12 Resep Mengatasi Konflik

Ada 12 bahan dalam resep ini untuk menyelesaikan konflik dengan sukses, yakni:
1. Saling menghormati – Apabila anda menghormati diri sendiri dan orang lain, anda cenderung menuju pada sebuah pemecahan yang sama-sama menguntungkan.
2. Landasan Umum – Jarang sekali orang tidak setuju terhadap apapun. Carilah titik pertemuan berbagai minat Anda, dan gunakan itu sebagai titik awal.
3. Buat daftar kebutuhan, kerisauan dan keinginan – Bila kedua sisi menunjukkan kerisauan, kebutuhan dan keinginan mereka, jelaslah bahwa beberapa diantaranya punya kesamaan. Gunakan daya empati atau pertanyaan yang teliti untuk memahami kebutuhan orang lain.
4. Definisikan kembali masalah – Bila musyawarah kurang berhasil, cobalah rumuskan lagi masalahnya. Sebuah perspektif yang berbeda seringkali dapat membantu.
5. Fokuskan pada hasil yang diterima semua pihak – Ajukan pertanyaan sederhana: “Apa yang sama-sama kita inginkan?” Pertanyaan itu akan memberi anda seuah tujuan dan kerangka kerja bersama.
6. Buat daftar pilihan dan tetaplah flesibel – Sebagian besar kasus memeiliki lebih dari satu solusi. Waspadalah terhadap berbagai pilihan itu, sebelum anda memulainya.
7. Pertahankanpikiran yang terbuka – Jika anda benar-benar tertarik menelusuri masalah dan menemukan pemecahan kreatif, kemungkinan keberhasilan anda akan meningkat.
8. Tetaplah positif – Kita tahu bahwa perilaku akan mempengaruhi perilaku lain, dan sama seperti penyakit campak, segi-segi negative pun ikut menyebar. Berita baiknya adalah segi positif pun juga ikut terbawa. Bertindaklah bijaksana dan masuk akal, gunakan pernyataan positif seperti “Saya setuju”, kapanpun keadaan memungkinkan.
9. Capailah solusi dengan bekerja sama – Bahasa tubuh dan pengaturan perabotan adalah isyarat halus yang anda minati untuk berinteraksi, dan bukan untuk bermusuhan dengan orang lain. Daripada duduk berhadapan dengan lawan bicara, tempatkan kursi anda disebelahnya.
10. Hilangkan kata “tetapi…” kata-kata tetapi seperti “tetapi dan namun’ segera memberi tanda pada orang lain bahwa anda tidak setuju. Sebaliknya gunakan frasa seperti “ Saya menerima pendpaat saudara, dan …”
11. Apabila pendekatan anda gagal – ganti segera! Jika anda tidak puas dengan proses yang sedang berlangsung, ganti pendekatan lingkungan fisik atau taktik anda. Anda tidak akan rugi banyak apabila tidak mencapai apaun. Ingatlah pentingnya daya empati dan fleksibiltas.
12. Bernafaslah dalam-dalam! Perang stress dan ketegangan dengan bekerja lebih santai serta menarik nafas panjang.

Di sadur dari buku "Komunikasi Sebening Kristal" karya Kris Cole

Tips Ketika Kembali Bekerja

Jika seseorang cuti, persiapan yang dilakukan adalah untuk masa-masa dimana orang tersebut tidak ada, pandai-pandailah pula untuk mempersiapkan diri bekerja kembali dengan tip-tip berikut ini yang akan menolong anda menghadapi kekacauan kecil setelah cuti.
1. Jika anda mempunyai proyek yang batas waktunya pada minggu dimana Anda kembali, cobalah menyelesaikan sebanyak mungkin sebelum anda pergi. Jangan sengaja melibatkan diri anda pada situasi tertekan, karena pada waktu kembali dari cuti anda secara psikologis tidak siap untuk menghadapi tekanan.
2. Jika ada suatu tugas yang anda sukai, jadwalkan pada minggu sewaktu anda kembali. Anda bukan saja mempunyai sesuatu untuk dinantikan, tetapi anda juga benar-benar perlu waktu untuk memulihkan keadaan.
3. Jika anda mempunyai rencana untuk bepergian selama cuti, berilah satu hari ekstra antara waktu anda kembali ke rumah dan kembali ke kantor. Gunakanlah hari tersebut untuk membongkar, mencuci, mengisi kembali lemari es anda, dan istirahatlah. Jangan pikirkan bahwa hali ini adalah pemborosan waktu. Jika anda bepergian jauh, anda benar-benar memerlukan waktu untuk istirahat.
4. Sisakan sejumlah uang sebelum anda pergi, cukup untuk makan siang pada minggu pertama anda kembali. Orang biasanya menghabiskan uang mereka pada waktu liburan dan kembali ke rumah dalam keadaan panic menuju bank atau menerima cek gaji mereka. Tambahan pula, makan siang di luar dapat merupakan transisi yang menolong antara peran “bermain-main” selama liburan” dan “bekerja” pada saat kembali.
5. Anda dapat menjadi seriang mungkin. Berkeliling dan berkata” saya sudah kembali” dan anda akan merasa depresi. Senyum dan tetaplah perlihatkan sikap gembira – Anda akan bahagia di mana pun anda berada, bahkan ketika menghadapi lemari arsip.
6. Ciptakan suatu tempat cadangan. Jika banyak pekerjaan anda berasal dari luar, cobalah sebanyak mungkin menyisihkan waktu dalam kalender Anda untuk hari pertama dan kedua setelah kembali. Hal ini dapat memberi waktu mengejar ketinggalan dan mencocokkan kembali ritme kerja di kantor.
7. Jangan paksakan. Depresi setelah liburan adalah normal, tak peduli apakah anda menghabiskannya di Tahiti atau di rumah mencat dapur anda. Jalani irama kerja yang lambat, dan perlahan-perlahan tingkatkanlah hingga mencapai produktivitas tetap anda. Jangan tegang kalau hal tersebut memerlukan beberapa hari atau bahakan lebih lama.
8. Biarkan waktu yang manis berakhir. Waktu cuti anda mungkin sudah habis, tetapi perasaan enak dapat terus terasa jika anda menunda pekerjaan rutin anda di rumah. Temuilah teman-teman dan ceritakan pengalaman anda, pergilah ke bioskop, atau beristirahatlah dan selesaikanlah membaca buku yang anda mulai ketika berada di pantai. (SL)

Minggu, 08 Agustus 2010

Lebih Sehat, Bekerja Lebih Baik

     Seperti orang lain, ada saat dimana anda merasa dalam keadaan terbaik dan terburuk, mengalami lonjakan energi atau jam-jam melelahkan. Karena anda tetap harus bekerja pada kedua saat tersebut, lebih baik anda melakukan sesuatu untuk meningkatkan stamina. Berikut ini beberapa panduannya:
     Pertahankan pola tidur yang teratur. Jika anda biasa tidur antara jam 10 atau jam 11 dan terbangun pukul 7, cobalah untuk mempertahankan jadwal tersebut sepanjang minggu. Perubahan besar pada jadwalm meski sedikit diakhir minggui, akan membuat anda sangat lelah atau lesu. Dan membayar tidur di hari Sabtu atau Minggu tidak akan dapat mengganti malam-malam sebelumnya. Jadi kapanpun jam tidur Anda, cobalah untuk mngubahnya sepanjang minggu.
     Keluar kantor sesekali tiap hari. Meski anda hanya dapat keluar kantor 15 menit saja , kemungkinan hal ini akan memulihkan dan membantu anda berpikir lebih jernih. Ini terutama pada hari-hari yang sangat sibuk. Anda akan kembali dengan perasaan segar dan dapat memulai pekerjaan berikutnya dengan lebih baik.
Berolahragalah. Anda dapat tetap fit secara fisik dengan latihan aerobic 60 menit per minggu. Hanya tiga kali seminggu selama 20 menit. Jalan-jalan saat makan siang atau setelah makan malam, bersepeda, lari atau berenang.
     Pasang radio di meja anda. Jika anda diperbolehkan memiliki radio, musik dapat menenangkan diri anda saat merasa tegang dan memulihkan minat saat anda merasa hilang semangat.
Makanlah makanan yang Menyehatkan. Jangan menyimpan makanan sehat hanya untuk sehari-hari tertentu yang telah anda rencanakan. Sarapanlah dengan makanan yang baik. Buah-buahan adalah cemilan pagi atau siang yang baik dibandingkan permen atau kue.
     Jangan merokok. Merokok mengambil nutrisi dari tubuh anda dan dapat mengacaukan pikiran. Setelah berhenti, anda akan merasa jauh tanggap dan lebih dapat berkonsentrasi. (SL, Vol. 1, No. 12)

Kantor Virtual - Masa Kini & Depan

BEBERAPA “PERAMAL “BISNIS melihat bahwa kantor masa depan hanya akan didukung oleh orang-orang (seperti anda) yang akan memfungsikan kantor sebagai “pusat informasi” bagi orang lain yang bekerja di rumah atau ditempat lain. Orang yang harus hadir secara fisik di kantor hanyalah manajer informasi yang secara terus menerus memperbarui seluruh informasi melalui perangkat telekomunikasi.

ANDA DAN MASA DEPAN

Operasi kantor akan menganut sistem desentralisasi, dan seperti biasa, sekretaris serta asisten administrasi akan selalu berada di pusat kegiatan. Beberapa pekerjaan Anda di dunia baru yang penuh tantangan nantinya akan tetap sama dengan saat ini, meski dengan kemajuan teknologi yang menjadi tuntutan, seperti menangani E-mail dan video mail, membeli persediaan/suplai peralatan melalui “katalog computer”, mengatur teleconference, menelusuri dan mengelola informasi, memperbarui data untuk dinetwork-kan. Tugas-tugas lain mungkin baru bagi anda, seperti online untuk meneliti database atau mencari mitra asing lain (dibelahan bumi lain) guna memberi anda jawaban atas pertanyaan yang sulit.
Lebih dari sekedar kertas, informasi merupakan “sesuatu” yang harus anda tangani dengan lebih baik. Di dalam kantor virtual yang baru ini anda harus lebih bertanggung jawab dalam masalah informasi. Mungkin saja anda harus memutuskan informasi apa yang perlu diinput untuk meng-update suatu network atau informasi apa yang dibutuhkan untuk mempermudah pengambilan keputusan.

AKHIR SUATU PEKERJAAN

Visi perusahaan virtual ini - suatu organisasi yang bukan dibatasi oleh tembok bangunan melainkan oleh jaringan elektronik – tidak melangkah terlampau muluk, menurut beberapa orang. Mereka meramalkan bahwa sifat umum dari ketenagakerjaan, menghilangnya hirarki organisasi dan dan berbagai pekerjaan tradisional lainnya akan terjadi secara otomatis. Sebagai dampaknya, banyak orang yang akan memiliki “pekerjaan virtual”. Mereka akan dipekerjakan tidak hanya oleh satu perusahaan tetapi melayani berbagai kontak telekomunikasi. Dengan kata lain, orang akan bekerja part time, tapi dalam jumlah yang lebih besar dibanding saat ini. Baik kantor maupun pekerjaan di masa depan akan menuntut kemampuan yang sangat tinggi dalam penggunaan komputer.
Mempersiapkan Diri Menyongsong Masa Depan
Caranya:
o Kembangkan sikap yang benar. Terima perubahan teknologi dengan tangan terbuka.
o Cari informasi tentang program-program pelatihan apa yang ditawarkan perusahaan anda , baik yang in house maupun seminar yang diselenggarakan pihak lain.
o Bertemanlah dengan rekan kerja anda di departemen atau lab komputer perusahaan.
o Perluas pemahaman anda tentang perusahaan.
o Lakukan kontak dengan sebanyak mungkin perusahaan .
o Mau menerima semua kesempatan untuk bekerja dengan program atau software baru.
o Sensitiflah terhadap perubahan di dalam perusahaan yang dapat menjadi petunjuk terjadinya perampingan.
o Ikuti terus perubahan teknologi dibidang kerja anda dengan terus mempelajari jurnal-jurnal terbitan bisnis.
o Berpartisipasilah dalam berbagai program pelatihan perusahaan.
o Tetaplah on-line. Jika perusahaan anda belum on-line berlangganan di rumah.
o Belajarlah dengan mempraktekkan langsung. (SL, Vol. 1, No. 8)

Kapan Saatnya Mendengarkan Gosip?

Di tempat kerja atau di lingkungan lainnya, pasti ada saatnya untuk berkumpul dengan teman, yang kadang tak bisa dihindari untuk bergosip ria. Ada teman yang mengajak curhat dan menyampaikan keluhan-keluhan. Disatu sisi kita ingin simpatik, tapi di sisi lain kadang tak mau menanggapinya, berhubung pekerjaan yang menumpuk. Berikut ini ada beberapa tip menghadapi situasi yang rumit tersebut:
1. Hindari gosip yang tidak secara langsung mempengaruhi moral atau produktivitas kerja.
2. Lihat dulu siapa yang menggosip atau mengeluh.
3. Jangan sekalipun mengecilkan arti keluhan ataupun mengabaikan pengeluhnya.
4. Jadilah pendengar, bukan pembicara.
5. Terima dulu apa yang perlu diketahui, dengan begitu anda bisa menyaring setiap keluhan dan gosip (SL).

Teknik 1-2-3 Untuk Merapikan Kantor

Berapa lama yang anda butuhkan untuk merapikan ruang kerja anda? Hanya 1-2-3 dan ruangan anda pun tampak menyenangkan. Ini dia caranya:

1. Kebersihan adalah aksesori yang terbaik dan termudah. Sebelum anda mengkhawatirkan tentang rencana mendekorasi ulang, pastikan apa yang anda miliki sekarang sudah lama dalam keadaan paling bersih.
2. Atur kembali apa yang sudah anda miliki. Mengubah-ubah tata letak kursi sudah cukup menghidupkan kembali penampilan ruang tamu anda, pindah-pindahkan perabot kantor anda supaya bisa selalu tampak baru.
3. Tambahkan satu, kurangkan satu. Mungkin ini saatnya bagi Anda untuk membeli satu set peralatan meja kerja yang elegan atau menurunkan dari tembok satu poster yang menyala dan menggantinya.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan suasana kantor yang nyaman. Kantor Anda dan begitu pula meja kerja anda merupakan cerminan diri anda. Seperti halnya batu permata. Sebutir permata yang kelihatannya mahal lebih menarik daripada selusin aksesori murahan. (SL)

Enam Cara Agar Disukai

Anda menyukai saya. Anda benar-benar menyukai saya!”
Demikian tanggapan Sally Field’s saat menenangkann piala Oscar yang kedua kalinya. Ketika ucapan tersebut sering ditiru, kata-kata itu sesungguhnya merefleksikan keinginan yang kuat dari dalam diri kita. Apakah kita disukai? Siapa yang menyukai kita? Bila tidak, mengapa demikian? Dan bagaimana membuat orang sungguh-sungguh menyukai kita?
Disukai adalah sebuah isu nyata baik dalam dunia profesional maupun sebagai pribadi. Artikan kata “disukai” sebagai pengaruh baik anda atau pengetahuan bagaimana memainkan politik kantor. Itulah arti sesungguhnya. Lalu bagaimana supaya anda disukai di kantor?
Berikut enam cara agar anda disukai di kantor:

1. Bertenggang-rasa kepada orang lain. Jangan lupa bahwa orang lain juga merasakan sesuatu seperti yang anda rasakan. Mereka pun berhak untuk berbuat demikian.
2. Jangan mengarang cerita. Gosip biasanya tidak disukai, meskipun mereka tertarik.
3. Kerjakan tugas anda. Tak seorangpun menyukai orang yang menghindari tugas dan tanggung jawab. Tetapi seseorang yang mengerjakan pekerjaan dengan baik akan membangkitkan rasa kagum dan hormat dari rekan-rekannya.
4. Jangan mengeluh. Jika pekerjaan anda berat dan membosankan, anda sedang sial, atau mempunyai bos yang paling membosankan, hadapi semua itu dengan wajar. Keluhan tidak akan mengubah situasi. Justru keluhan anda mungkin akan menimbulkan jarak terhadap rekan-rekan sekantor. Mereka pasti memiliki masalahnya sendiri dan beberapa diantaranya jauh lebih buruk dari pada masalah anda.
5. Ulurkan tangan anda untuk membantu. Peran anda sebagai seorang sekretaris menuntut sikap sikap wajar anda untuk membantu orang lain. Kerjakan apa yang anda kerjakan, dimanapun anda dapat mengerjakannya, dan lakukan itu dengan gembira.
6. Berikanlah pujian. Orang yang disukai rekan-rekannya bisa juga menyukai orang lain, dan mereka menyatakannya dalam berbagai cara yang berbeda. Pujian yang tulus adalah salah satu cara dari cara tersebut. Suatu pujian dapat juga mengubah pandangan orang lain tentang anda. Selain itu, bila anda mempunyai watak dan selera yang baik untuk menilai sesuatu, maka anda pasti cerdik dalam memberikan pujian.(SL)

PROFIL PERPUSTAKAAN

Visi & Misi : Menyelenggarakan kegiatan perpustakaan u/ masyarakat sekitar, Menumbuh kembangkan minat baca masyarakat, Menyediakan kebutuhan informasi, Memberikan layanan informasi, Bertukar informasi dengan layanan on line


Layanan/Sirkulasi. Dalam memberikan layanan kepada masyarakat menerapkan sistem terbuka serta memberikan informasi kepada temans secara online.

Pengadaan Bahan Pustaka. Dilakukan dengan cara membeli, koleksi sendiri, titipan masyarakat sekitar dan sumbangan temans facebooker lainnya.

Lokasi PERPUSTAKAAN BIYAN, d/a Magung Lebak No. 8 RT 01 RW 07 Manggung Harja, Ciparay Kab. Bandung, 40383, hp. 085 220 233 220.

Jam Buka: 08.00 s.d 16.00 WIB

Pengelola : Ruhyani Thea (http://facebook.ruhyani)