Seiring dengan perkembangan teknologi, perpustakaan tidak hanya bisa dikunjungi secara fisik dengan mengunjungi gedung perpustakaan yang kemudian meminjam buku secara manual, tapi kini dapat dijelajahi di dunia maya dengan mengunjungi perpustakaan secara online di internet. Begitu juga kita bisa baca buku tanpa harus membeli atau meminjam buku ke perpustakaan, cukup meng klik judul buku (e_book), dalam hitungan menit bisa diperoleh berbagai informasi di penjuru dunia

PRESS RELEASE

Melalui blog ini kami ingin berbagi informasi dan pengetahuan, dengan menyediakan e_book, artikel-artikel, daftar pustaka dari koleksi perpustakaan yang kami kelola. Perpustakaan ini juga menyediakan bahan bacaan untuk masyarakat sekitar dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kreativitas dan minat baca masyarakat. Melalui perpustakaan online ini kami juga berharap partisipasi anda dengan mengirimkan e_book, resensi buku, artikel karya sendiri atau saduran serta membantu pengadaan buku untuk melengkapi koleksi perpustakaan dengan mengikuti program AYO SUMBANG/TITIP BUKU

Minggu, 08 Agustus 2010

Kantor Virtual - Masa Kini & Depan

BEBERAPA “PERAMAL “BISNIS melihat bahwa kantor masa depan hanya akan didukung oleh orang-orang (seperti anda) yang akan memfungsikan kantor sebagai “pusat informasi” bagi orang lain yang bekerja di rumah atau ditempat lain. Orang yang harus hadir secara fisik di kantor hanyalah manajer informasi yang secara terus menerus memperbarui seluruh informasi melalui perangkat telekomunikasi.

ANDA DAN MASA DEPAN

Operasi kantor akan menganut sistem desentralisasi, dan seperti biasa, sekretaris serta asisten administrasi akan selalu berada di pusat kegiatan. Beberapa pekerjaan Anda di dunia baru yang penuh tantangan nantinya akan tetap sama dengan saat ini, meski dengan kemajuan teknologi yang menjadi tuntutan, seperti menangani E-mail dan video mail, membeli persediaan/suplai peralatan melalui “katalog computer”, mengatur teleconference, menelusuri dan mengelola informasi, memperbarui data untuk dinetwork-kan. Tugas-tugas lain mungkin baru bagi anda, seperti online untuk meneliti database atau mencari mitra asing lain (dibelahan bumi lain) guna memberi anda jawaban atas pertanyaan yang sulit.
Lebih dari sekedar kertas, informasi merupakan “sesuatu” yang harus anda tangani dengan lebih baik. Di dalam kantor virtual yang baru ini anda harus lebih bertanggung jawab dalam masalah informasi. Mungkin saja anda harus memutuskan informasi apa yang perlu diinput untuk meng-update suatu network atau informasi apa yang dibutuhkan untuk mempermudah pengambilan keputusan.

AKHIR SUATU PEKERJAAN

Visi perusahaan virtual ini - suatu organisasi yang bukan dibatasi oleh tembok bangunan melainkan oleh jaringan elektronik – tidak melangkah terlampau muluk, menurut beberapa orang. Mereka meramalkan bahwa sifat umum dari ketenagakerjaan, menghilangnya hirarki organisasi dan dan berbagai pekerjaan tradisional lainnya akan terjadi secara otomatis. Sebagai dampaknya, banyak orang yang akan memiliki “pekerjaan virtual”. Mereka akan dipekerjakan tidak hanya oleh satu perusahaan tetapi melayani berbagai kontak telekomunikasi. Dengan kata lain, orang akan bekerja part time, tapi dalam jumlah yang lebih besar dibanding saat ini. Baik kantor maupun pekerjaan di masa depan akan menuntut kemampuan yang sangat tinggi dalam penggunaan komputer.
Mempersiapkan Diri Menyongsong Masa Depan
Caranya:
o Kembangkan sikap yang benar. Terima perubahan teknologi dengan tangan terbuka.
o Cari informasi tentang program-program pelatihan apa yang ditawarkan perusahaan anda , baik yang in house maupun seminar yang diselenggarakan pihak lain.
o Bertemanlah dengan rekan kerja anda di departemen atau lab komputer perusahaan.
o Perluas pemahaman anda tentang perusahaan.
o Lakukan kontak dengan sebanyak mungkin perusahaan .
o Mau menerima semua kesempatan untuk bekerja dengan program atau software baru.
o Sensitiflah terhadap perubahan di dalam perusahaan yang dapat menjadi petunjuk terjadinya perampingan.
o Ikuti terus perubahan teknologi dibidang kerja anda dengan terus mempelajari jurnal-jurnal terbitan bisnis.
o Berpartisipasilah dalam berbagai program pelatihan perusahaan.
o Tetaplah on-line. Jika perusahaan anda belum on-line berlangganan di rumah.
o Belajarlah dengan mempraktekkan langsung. (SL, Vol. 1, No. 8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar