Seiring dengan perkembangan teknologi, perpustakaan tidak hanya bisa dikunjungi secara fisik dengan mengunjungi gedung perpustakaan yang kemudian meminjam buku secara manual, tapi kini dapat dijelajahi di dunia maya dengan mengunjungi perpustakaan secara online di internet. Begitu juga kita bisa baca buku tanpa harus membeli atau meminjam buku ke perpustakaan, cukup meng klik judul buku (e_book), dalam hitungan menit bisa diperoleh berbagai informasi di penjuru dunia

PRESS RELEASE

Melalui blog ini kami ingin berbagi informasi dan pengetahuan, dengan menyediakan e_book, artikel-artikel, daftar pustaka dari koleksi perpustakaan yang kami kelola. Perpustakaan ini juga menyediakan bahan bacaan untuk masyarakat sekitar dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kreativitas dan minat baca masyarakat. Melalui perpustakaan online ini kami juga berharap partisipasi anda dengan mengirimkan e_book, resensi buku, artikel karya sendiri atau saduran serta membantu pengadaan buku untuk melengkapi koleksi perpustakaan dengan mengikuti program AYO SUMBANG/TITIP BUKU

Selasa, 10 Agustus 2010

Tipe Kepribadian dan Temperamen

1. Manusia

Direktur Dominan – Mereka adalah para ekstrovert yang berorientasi pada hasil, dan berkonstrasi pada tugas yang diemban. Mereka senang menerima tanggung jawab dan tidak begitu menggubris arahan orang lain. Untuk berkomunikasi dengan efektif, perlakukan mereka dengan rasa hormat, biarkan mereka merasa bertanggung jawab dan tetaplah terfokus pada hasil yang diharapkan.
Interacting Socialiser – Mereka juga orang-orang ekstrovert, namun mereka lebih peduli terhadap masalah dalam masyarakat. Mereka adalh orang yang suka kegiatan luar dan senang dengan trend serta gagasan baru. Cara terbaik menangani orang semacam ini adalah membiarkan mereka bicara dan berinteraksi.
Penghubung yang Tenang – Para penghubung juga menyukai orang dan berinteraksi, namun lebih introvert dan lebih memilih kebiasaan-kebiasaan yang nyaman daripada perubahan. Mereka bekerja dengan baik dalam tim. Pertanyaan yang berhati-hati akan menghasilkan tanggapan-tanggapan yang berharga.
Pemikir yang Teliti – Mereka juga introvert, namun punya keinginan untuk membuat prestasi. Mereka menyukai perintah, system dan pemikiran yang obyektif. Orang-orang ini tidak suka pekerjaan yang dia lakukan sembarangan (baik pekerjaannya maupun orang lain). Komunikasi yang efektif dengan para pemikir ini akan mnghasilkan penjelasan rinci.

2. Empat Macam Temperamen

Analis menempati 12 persen dari populasi. Mereka dikenal karena pemikirannya yang logis dan konseptual. Orang-orang ini senang diberi kesempatan untuk mengembangkan sebuah rencana.
Hampir 40 persen populasi adalah para legalis. Mereka dapat bekerja optimal dengan pelatihan yang terstruktur, akurat serta bertanggung-jawab. Orang-orang ini tidak menyukai kejutan, namun mereka senang bila dikenal akibat jerih payah mereka. Para realis membentuk sekitar 35 persen populasi, yakni orang-orang yang berorientasi pada tindakan dan suka bersenang-senang. Terkadang mereka perlu dibantu dalam hal manajemen waktu atau mengorganisir diri mereka sendiri. Mereka memilih berbagai variasi dalam pekerjaan dan bila mengalami krisis, akan tampil secara optimal.
Sekitar 13 persen sisanya adala para empatis. Mereka menerima bantuan dan dukungan bagi yang lain, serta memberi tanggapan terbaik pada instruksi pribadi dan dorongan. Sebaiknya tidak membebani mereka dengan rincian yang terlalu banyak dan tunjukkanlah penghargaan atas sumbangan mereka.
Dengan belajar mengenal tipe-tipe kepribadian di atas, kita dapat berkomunikasi secara lebih efektif dan mendapat hasil yang diinginkan.

Di sadur dari buku "Komunikasi Sebening Kristal" karya Kris Cole

Tidak ada komentar:

Posting Komentar