Seiring dengan perkembangan teknologi, perpustakaan tidak hanya bisa dikunjungi secara fisik dengan mengunjungi gedung perpustakaan yang kemudian meminjam buku secara manual, tapi kini dapat dijelajahi di dunia maya dengan mengunjungi perpustakaan secara online di internet. Begitu juga kita bisa baca buku tanpa harus membeli atau meminjam buku ke perpustakaan, cukup meng klik judul buku (e_book), dalam hitungan menit bisa diperoleh berbagai informasi di penjuru dunia

PRESS RELEASE

Melalui blog ini kami ingin berbagi informasi dan pengetahuan, dengan menyediakan e_book, artikel-artikel, daftar pustaka dari koleksi perpustakaan yang kami kelola. Perpustakaan ini juga menyediakan bahan bacaan untuk masyarakat sekitar dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kreativitas dan minat baca masyarakat. Melalui perpustakaan online ini kami juga berharap partisipasi anda dengan mengirimkan e_book, resensi buku, artikel karya sendiri atau saduran serta membantu pengadaan buku untuk melengkapi koleksi perpustakaan dengan mengikuti program AYO SUMBANG/TITIP BUKU

Sabtu, 14 Agustus 2010

Kolesterol dan Permasalahannya

Untuk menjaga kesehatan tubuh, anda diharuskan melakukan general check-up rutin setiap tahun ke laboratorium yang terdekat/langganan anda. Mulai dari pemeriksaan urine, tinja, darah, rontgen, USG dan pemeriksaan rahim (papsmear) bagi ibu-ibu sampai ke pemeriksaan fisik. Melalui chek-up, dapat diketahui sejauh mana keadaan kesehatan karyawan, apakah kondisi kesehatannya tersebut baik atau memiliki gejala-gejala penyakit seperti gangguan jantung, darah tinggi, diabetes, asam urat, atau kelebihan kolesterol. Sejauh ini masyarakat dengan pola makan yang tidak terjaga kebanyakan mempunyai kelebihan kolesterol dengan kadar yang cukup tinggi.
Di antara mereka yang telah melakukan chek-up mengeluhkan adanya pembatasan jenis makanan yang dapat menambah kadar kolesterol atau bahkan larangan untuk mengkonsumsi padahal mereka sangat menyukai, dianjurkan makanan yang kandungan kolesterol tidak melebihi 250 mg.
Untuk mengenal lebih jauh mengenai kolesterol, penyakit yang disebabkannya dan bagaimana cara menghindarinya, mari kita simak uraian berikut.
Kolesterol. Istilah kolesterol, berasal dari bahasa Yunani, chole berarti empedu, dan stereos berarti padat, yang merupakan sekumpulan senyawa organik. Sebetulnya kolesterol banyak dikandung dalam bagian tubuh hewan, namun tubuh manusia juga bisa membentuk kolesterol. Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi; telur, susu, keju, mentega, hati, otak dan kuning telur. Sedangkan lemak nabati aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung banyak kolesterol. Ibu-ibu sebaiknya menghindari pemakaian ulang minyak goreng karena dapat menimbulkan lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh manusia.

Penyakit yang ditimbulkannya. Kolesterol dalam tubuh manusia berasal dari lemak hewani yang dimakan maupun dibentuk sendiri oleh organ tubuh, berbentuk zat berwarna putih seperti lilin yang bisa mengendap dalam pembuluh darah. Apabila endapan tersebut terjadi pada pembuluh darah yang membawa oksigen serta sari makanan ke jantung akan menimbulkan penyempitan pembuluh darah atau arteosklerosis. Karenanya kelebihan kolesterol menjadi salah satu faktor penyebab penyakit jantung koroner. Gejala yang ditimbulkan karena kelebihan kolesterol adalah jika setelah mengkonsumsi makanan terasa pusing-pusing disertai tubuh terasa lesu serta keadaan emosi tidak stabil.

Cara Pencegah. Ungkapan “Pencegahan lebih baik daripada pengobatan” berlaku juga pada orang yang berkecenderungan memiliki gejala kelebihan kolesterol. Menurut beberapa sumber, cara pencegahan yang harus dilakukan oleh penderita kelebihan kolesterol adalah sebagai berikut:
Pertama, olah raga. Setiap makanan yang telah dicerna oleh lambung, akan menimbulkan kalori dan lemak yang lama kelamaan akan bertambah banyak jika badan kurang digerakkan, yang pada akhirnya dapat menimbulkan kegemukan. Melalui olah raga, setiap kelebihan kalori atau lemak akan dibakar sehingga kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal yaitu antara 150 hingga 250 mg. Olah raga yang paling baik adalah olah raga yang dilakukan di luar ruangan dengan udara segar, hingga tubuh kita mengeluarkan banyak keringat.
Kedua, diet. Pada umumnya penyakit yang timbul adalah karena kelebihan makanan. Untuk itu hindarilah makan berlebihan, makanlah apabila belum terasa lapar dan berhentilah makan apabila belum terasa kenyang. Pola makanan harus diatur, batasilah setiap makanan yang berlemak. Perbanyaklah makan buah dan sayuran untuk mengimbangi kelebihan lemak. Namun perlu diingat pula, diet yang dilakukan harus dikonsultasi kan dengan ahli gizi, karena ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari serta mengetahui jumlah kalori yang harus dimakan agar tidak berlebihan.
Ketiga, tekreasi. Luangkan waktu untuk rekreasi. Rekreasi yang paling baik untuk kesehatan tubuh adlah mengunjungi daerah berudara segar dan bersih, seperti pantai, pegunungan. Lebih baik lagi jika rekreasi tersebut dilakukan dengan berjalan kaki. Hindari tempat-tempat yang mengundang kita untuk makan makanan berlemak.
Keempat, hindari stress. Telah disebutkan di atas bahwa kolesterol merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung koroner. Sebetulnya masih ada beberapa faktor penyebab lain seperti merokok, kegemukan, kurang olahraga, dan stress. Stress yang berkepanjangan bisa mengakibatkan tubuh kita mengalami kerusakan dan mempercepat timbulnya penyakit jantung koroner. Oleh sebab itu jagalah kesehatan kita dengan menjauhi stress. (Ruhyani Thea)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar